26 Jun 2010

KOPI CEGAH KANKER HATI???


KANKER hati tampaknya lebih jarang ditemui pada peminum kopi dibandingkan dengan orang tidak minum kopi. Demikian laporan yang dipublikasikan dalam jurnal Hepatology edisi Agustus tahun lalu, yang menampilkan temuan dari 10 studi tentang hubungan antara kopi dan kanker hati.

Studi-studi itu dikaji ulang oleh para peneliti, termasuk Francesca Bravi dkk dari Istituto Ricerche Farmacologiche di Milan, Italia. Studi keseluruhan mencakup 2.260 orang penderita kanker hati dan 240.000 orang tanpa kanker hati. Para subyek yang berpartisipasi hidup diYunani, Italia, dan Jepang.

Data menunjukkan bahwa
peminum kopi tampaknya 41 persen lebih sedikit didiagnosis menderita kanker hati dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Untuk setiap cangkir kopi yang diminum, angka kemungkinan menderita kanker hati menurun sampai 23 persen.

Beberapa studi mendefinisikan konsumsi kopi sebanyak 3 cangkir atau lebih per harinya. Yang lain menyebut pada jumlah lebih rendah, sekitar 1-2 cangkir kopi per hari. Faktanya, kanker hati lebih jarang terjadi pada peminum kopi di semua negara tempat riset ini dilakukan. Para peneliti menduga bahwa kopi memperbaiki enzim hati dan menghambat sirosis dan kanker hati. Namun apakah benar kopi secara langsung dapat mencegah kanker hati, masih diperlukan riset yang lebih mendalam.

(Thanks for Boedhi Christ)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan