13 Jun 2009

TIPS MUDAH BELAJAR MEDITASI

  • Tujuan Utama: mengoptimalkan KUALITAS HIDUP (Quality of Life) anda melalui perbaikan kemampuan kontrol diri agar lebih tenang dan memiliki respon positif terhadap rangsangan kehidupan.
  • Manfaat: banyak, mohon lihat postingan sebelumnya pada web-blog ini.
  • Dasar: fokus atensi dan harmonisasi pada Alam Semesta
  • Lebih baik: jika ada tahapan relaksasi, meditasi, sugesti positif, re-awakening.
  • Lama Belajar: fleksibel, bervariasi => tergantung banyak faktor.
  • +> Mudah: Bagi mereka yang pernah belajar Yoga, senam Tai-Chi, Prana, ilmu Bela Diri, dsb.
  • -> Perlu Tantangan: Bagi mereka yang sangat rasional, terlalu percaya diri berlebihan, paranoid, kurang berserah kepada Allah Tuhan YME.

15 LANGKAH BELAJAR MEDITASI :
  1. Pada awal belajar, carilah tempat yang nyaman. Bagi yang sudah terlatih, meditasi dapat dilakukan dimana saja termasuk saat duduk di dalam Angkutan Umum.
  2. Usaha lepaskan semua problem, beban, masalah, hal yang tidak nyaman termasuk rasa sakit, dsb.
  3. Rasakan denyutan jantung aliran darah, dan sensasi perasaan diri anda dengan alam sekitar.
  4. Seluruh otot tubuh rileks, jangan tegang. Hilangkan semua rasa negatif yang bersentuhan dengan alam (misal: nyeri, panas, bising, bunyi nyamuk, hinggapnya lalat, dsb).
  5. Boleh dibantu dengan bunyi ketukan detik jam, alunan musik berirama tenang, atau bunyi air mengalir aquarium.
  6. Atur nafas panjang dan dalam. Gunakan pernafasan dada. Frekuensi 20-28 x nafas per menit. Sambil memBayangkan anda menikmati udara yang mengandung oksigen murni tanpa pencemaran.
  7. Usaha bayangkan anda berada di area yang nyaman, yang memberikan kenangan damai-tenteram. Misal: di tepian aliran sungai, di titian sawah, atau di tengah danau yang tenang.
  8. Serahkan segala situasi-kondisi yang berkaitan dengan kehidupan anda ke tangan Allah Tuhan YME. Percayalah, yakinkan pada diri anda => bahwa meskipun ada sehelai rambut anda yang jatuh ke lantai, itu pun sudah dikehendaki dan dalam kontrol Tuhan.
  9. Bayangkan ada satu titik hitam, atau sinar cahaya putih terang yang menarik perhatian anda (Boleh dibantu dengan pejamkan kedua mata anda).
  10. Tetap Fokus, pusatkan perhatian anda hanya pada titik cahaya itu. Lanjutkan dengan tahap 6-9 berulang kali beberapa menit, sampai diri anda merasa nyaman-tenang-damai-tenteram.
  11. Katakan dengan suara bernada lembut pada diri anda sendiri bahwa “saya merasa baik, sehat, nyaman, tenang, damai, tenteram, sejahtera” berulang-ulang kali.
  12. Setelah dirasa cukup, kembali ke tahap penyadaran. Yaitu => Rasakan denyutan jantung aliran darah, dan sensasi perasaan diri anda dengan alam sekitar.
  13. Sadarkan diri anda, amati diri dan lingkungan sekitar, serta tarik nafas panjang dan dalam beberapa kali. Yakinkan diri, bahwa anda sudah merasa lebih baik-sehat-kuat-tenang-nyaman.
  14. Para pemula boleh melakukan di kursi sofa ruang keluarga atau di tempat tidur yang nyaman dan tenang.
  15. Lebih baik, sebelum dan sesudah melakukan meditasi => berdoa dulu sesuai kepercayaan anda masing-masing.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup anda. Bagi yang memerlukan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi via sms ke nomor Ponsel: 081 282 60 777, atau kirim email ke < dr.hando@gmail.com >.

3 ulasan:

  1. pak dokter, tolong dijelaskan tentang energi psychologi dan apakah ada hubungannya dengan metafisika yang bapak pelajari. saya lagi tertarik hal tersebut tetapi masih pemula. tks

    BalasPadam
  2. Hello bloggers. Saya akan berikan info yang anda perlukan. Jika berkenan, mohon identitas. Trims. Salam Hoki......

    BalasPadam
  3. berkunjung pak....
    salam dari jauh....

    BalasPadam