03 Oktober 2010

BATASI PAKAI HP SAAT HAMIL


Penggunaan Telepon Selular Selama Kehamilan Berpotensi Merusak Janin. Wanita yang menggunakan telepon selular (HP) ketika hamil memiliki kecenderungan bakal melahirkan anak-anak dengan masalah tingkah laku, berdasarkan suatu studi terhadap lebih dari 13.000 anak-anak.

Wanita hamil yang memakai HP yang meskipun hanya 2 atau tiga kali dalam sehari, cukup untuk menimbulkan resiko bayi mereka terkena penyakit hiperaktif dan bisa mengalami kesulitan dalam pemahaman/proses belajar, emosi dan sosialisasi anak pada saat sekolah. Tapi hasil di atas justru lebih beresiko lagi apabila sang anak sendiri juga menggunakan HP sebelum berusia 7 tahun.

Secara spesifik, para ibu yang menggunakan HP 54 persen cenderung memiliki anak dengan masalah tingkah laku. Dan ketika sang anak juga kemudian menggunakan HP, mereka:

  • 80 persen lebih cenderung menderita kesulitan terhadap tingkah laku.
  • 25 persen lebih beresiko terhadap masalah emosional.
  • 34 persen lebih cenderung mengalami kesulitan dalam bersosialisasi
  • 35 persen lebih cenderung menjadi hiperaktif.
  • 49 persen lebih beresiko mengalami masalah dalam bertindak spontan.

Hasil-hasil temuan dari studi tersebut membuat para ilmuwan yang mengadakannya menjadi terkejut. Penelitian ini juga memberikan bobot tersendiri karena salah satu dari para peneliti itu sendiri, merupakan
Profesor UCLA, Leeka Kheifets, kini telah percaya dimana sebelumnya skeptik bahwa HP dapat berbahaya bagi kesehatan.

(Thanks for D. Cong)

2 ulasan:

  1. Info yang sangat berguna, bagaimana caranya sharing dengan teman2 apakah bisa melalui FB?

    BalasPadam
  2. Dear Cornelis, thanks sdh visit & komentarnya. Betul, salah satu fungsi jejaring sosial seperti FB memudahkan untuk sebarkan info kpd kawan2. Salam Hoki

    BalasPadam