29 Mac 2010

HAND-DRYER SEBARKAN PENYAKIT???


Banyak orang dalam bisnis pembersihan sering diberitahukan bahwa hand dryer - alat pengering tangan (listrik) di toilet (WC) adalah tidak sehat; alat itu menyebarkan kuman dan bakteri ke sekeliling. Saya selalu berfikir bahwa berita ini hanya datang dari perusahaan-perusahaan serbet kertas (tissue) karena mereka kalah penjualan dari pengering tangan listrik (hand-dryer) itu.


Beberapa tahun yang lalu, saya sedang bekerja dengan seorang agen, dan saya perhatikan bahwa setelah dia membasuh tangannya dan melihat tidak ada serbet kertas (tissue), hanya pengering tangan listrik, ia meninggalkan ruang itu dengan tangan basah. Saya tanyakan hal itu padanya.

Ia berkata bahwa hand dryer meniupkan banyak kuman dan bakteri ke sekeliling. Ia juga berkata kepada saya, kali berikutnya jika saya ke Toilet lihatlah di bawah hand dryer itu. Di situ ada filter (saringan) yang seharusnya di bersihkan setiap minggu. Saya perhatikan pada satu pengering itu dan kelihatannya bertahun-tahun itu tidak pernah dibersihkan. Pada filter itu ada berlapis-lapis “kue di atas lendir krim” (menjijikkan).

Sejak itu saya tidak akan memakai hand dryer pada WC. Nah ini adalah dimana cerita ini benar-benar menarik. Sekolah-sekolah dan universitas-universitas yang telah terjangkit H1N1 (flu-babi) pada tahun ini, telah diberitahukan oleh Departemen Kesehatan bahwa mereka HARUS mengeluarkan semua hand dryer mereka dan menggantikannya dengan kotak serbet kertas karena pengering tangan elektrik itu adalah penyebar penyakit.

(Thanks for Nelleke & David L.)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan