29 Mac 2010

TEH JALAN NETRAL PENYEIMBANG RASA




Orang China mengklasifikasikan semua rasa ke dalam lima kategori: asam, manis, pahit, pedas, dan asin. Setiap rasa dari kelima rasa itu masing-masing berhubungan dengan elemen di teori lima unsur (tanah, logam, air, kayu, api) bagian tubuh manusia yang berbeda.

Meskipun banyak orang menyukai rasa yang berbeda dalam makanan dan minuman mereka, mereka memasukkan kelima rasa tersebut dalam makanan mereka. Dari semua makanan dan minuman yang ada, teh adalah satu-satunya minuman yang mempunyai rasa yang cukup moderat. Oleh karena itu dia sesuai dengan Ajaran Jalan Tengah Sempurna.

Apapun makanan yang dikonsumsi seseorang, secangkir teh akan menyeimbangkan semua rasa. Sifat ini barangkali menjadikan alas an mengapa teh menjadi penangkal beberapa materi racun. Teh, pada sisi lain, menyelaraskan semua rasa, melarutkan semua bagian rasa menjadi rasa yang berbeda, membuang efek negatif bersamaan itu menaikkan efek bermanfaat akibat interaksi mereka.

Sifat alami teh ditunjukkan dalam Ajaran Jalan Tengah Sempurna. Bagi mereka yang terbiasa dengan makanan yang pekat bumbu, minum teh adalah cara baik untuk memulihkan perut dan lidah mereka, dan untuk membantu mengembalikan kesehatan fisik dan spiritual mereka.

CATATAN: Ajaran Jalan Tengah Sempurna merupakan perkataan yang kaya
akan simbolisme dan panduan untuk menyempurnakan seseorang, sebuah
konsep dari salah satu ajaran Confuciusme.

(Thanks for Yanti)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan